Bisnis di Dunia Metaverse - Saat Facebook melakukan rebranding pertama kalinya, hal ini memunculkan konsep metaverse, yang pada akhirnya konsep tersebut dikenal luas di masyarakat dunia, dari sinilah titik awal revolusi bisnis digital dimulai. Lalu Apakah ini akan menjadi ruang yang pada akhirnya harus diperhatikan oleh semua bisnis?.
Diciptakan oleh penulis cyberpunk terkenal Neal Stephenson dalam novel mani 1992 Snow Crash, avatar berinteraksi satu sama lain di ruang bersama yang ia juluki metaverse. Film Ready Player One 2018 juga mengartikulasikan, bagi banyak orang, realisasi dari apa yang akan menjadi metaverse setelah kami dilengkapi dengan teknologi untuk menghadirkan pengalaman yang imersif ini.
Lingkungan virtual telah ada sejak awal munculnya web forum dan ruang obrolan adalah bentuk tempat pertemuan virtual, misalnya. Eksperimen awal Jaron Lanier dengan virtual reality (VR) mendorong konsep metaverse ke dalam ruang tiga dimensi, sementara Second Life mendefinisikan bagaimana ruang pertemuan virtual tiga dimensi bisa bekerja. Saat ini, game seperti Minecraft dan Roblox adalah iterasi terbaru dari metaverse.
Inkarnasi terbaru dari manifes metaverse dalam game populer seperti Minecraft
Facebook berambisi untuk menciptakan apa yang oleh pendirinya Mark Zuckerberg sebut sebagai "penerus internet seluler". Di ruang ini, "kita akan dapat merasa hadir - seperti kita berada di sana bersama orang-orang tidak peduli seberapa jauh kita sebenarnya". Menggunakan headset Oculus VR perusahaan, dikombinasikan dengan augmented reality (AR) canggih, lingkungan seperti Ready Player One dijanjikan.
Tidak mau kalah, perusahaan-perusahaan lain juga telah berencana melakukan hal serupa dengan apa yang dilakukan oleh Facebook, tidak ketinggalan juga Microsoft merekapun mengadaptasi Teams untuk menawarkan pengalaman yang lebih mirip metaverse, dalam bentuk Mesh. Terlepas dari hype, apakah ruang baru ini benar-benar siap untuk bisnis untuk mencapai level kejayaan yang baru?.
Selalu Online
“Selamat datang di Mesh for Teams”. Salah satu anggota teknik Microsoft Alex Kipman pada bulan November lalu, mengumumkan bahwa visi realitas campuran ini, yang dibuat selama 12 tahun, adalah sesuatu yang diimpikan oleh pelanggan mereka. Accenture, memang, baru-baru ini menciptakan kembaran digital dari kantor pusatnya menggunakan Mesh dengan kapasitas yang bisa menampung 10.000 karyawan dalam ruang virtual ini.
Bagaimana menjalankan interaksi di dunia metaverse versi Mesh?. Idenya adalah menggunakan perangkat yang ada untuk menghubungkan individu di ruang prebuilt yang diwakili oleh avatar mereka. Mereka berharap diruang baru ini bukan hanya Microsoft Office pada steroid virtual, tetapi cara baru untuk tidak hanya bertemu namun juga berkolaborasi. Bagi sebagian orang, konsep re-branding yang dilakukan Facebook tentang metaverse justru dianggap suatu ancaman dan bencana digital.
Sebagaimana yang di ungkapkan oleh Roger McNamee, salah seorang investor awal Facebook, misalnya, beliau mengatakan kepada BBC News: "Ini adalah ide yang buruk dan benar-benar terjadi, bahwa kita semua duduk dan melihat hal ini seperti hal yang normal saja. Justri ini seharusnya membuat semua orang khawatir. Facebook seharusnya tidak diizinkan untuk membuat metaverse dystopian".
Accenture baru-baru ini menggunakan Mesh untuk membangun kembaran digital dari kantor pusatnya, dengan kapasitas 10.000 peserta
VR atau Virtual Reality akan tetap ada di setiap masa depan bisnis metaverse, menurut CEO Mesmerise, Andrew Hawken. "Apa yang kami lihat atas apa yang dibuat Zuckerberg dengan metaversenya adalah menunjukkan bahwa salah satu perusahaan teknologi paling terkemuka dalam sejarah hanya mempertaruhkan sebuah sistem apa yang diibarat sebagai bercocok tanam di VR," katanya kepada IT Pro. "Saya tidak bisa memikirkan sinyal yang lebih optimis bahwa bisnis akan dilakukan di VR bahkan lebih dari itu".
Apa yang di impikan oleh Zuckerberg masih membutuhkan teknologi untuk mengejar hype, bagaimanapun, Niklas Bakos, chief strategy officer dan pendiri Adverty, menunjukkan. “Sebagian besar, siklus hype di sekitar metaverse melibatkan produk dan infrastruktur yang belum terbangun,” Niklas Bakos menyarankan agar Zuckerberg membuat lingkungan yang benar-benar menarik.
Menurutnya untuk menciptakan ekosistem digital pendukung metaverse membutuhkan komputasi kuantum, teknologi blockchain yang matang, cryptocurrency yang stabil, dan protokol di sekitar Token yang tidak dapat dipertukarkan. (NFT). Kacamata, headset, antarmuka haptic, dan kulit digital yang mungkin akan kita gunakan masih belum dibuat. Red Dead Redemption 2 dikembangkan selama delapan tahun. Membangun dunia virtual yang terdesentralisasi secara keseluruhan, satu dengan sistem ekonominya sendiri , membutuhkan waktu."
Terbuka Untuk Bisnis
Apakah kita akan melihat perampasan tanah saat metaverse terbentuk? Nextech AR, misalnya, mengakuisisi ARWAY, sebuah perusahaan yang berspesialisasi dalam aplikasi pemetaan AR dan AI, pada bulan Agustus, memanfaatkannya untuk mengeksploitasi metaverse.
Bisnis yang enggan menerapkan strategi yang melibatkan migrasi apa pun ke ruang virtual secara bersama bisa mengalami ketertinggalan dibandingkan dengan perusahaan yang lebih dinamis mengikuti arus perubahan. Mereka bisa mengalahkan kompetitor dalam menjelajahi ruang yang berpotensi sangat menguntungkan ini. Startup juga dapat menantang pemain lama di berbagai sektor dengan layanan yang berfokus pada metaverse.
Sebenarnya Metaverse bukanlah konsep baru, akan tetapi dikarenakan Facebook yang menerapkannya, maka banyak sektor bisnis yang ingin memanfaatkan penawaran yang di lakukan Meta. Sementara itu Nike juga menunjuk 'kepala metaverse.' untuk membangun metaverse, hal ini tidak mengejutkan, mengingat industri mode sebelumnya terjun ke pengalaman yang mendukung AR. Industri konsumen seperti perjalanan dan perbankan – bahkan kesehatan – juga jelas diuntungkan. Di sektor B2B, juga memiliki potensi untuk merevolusi pelatihan dan praktik kerja jarak jauh.
Bisnis Metaverse ini bisa menjadi ruang yang sangat menguntungkan untuk produk digital. Misalnya, dalam permainan virtual, pembelian alat virtual dan artefak lainnya adalah hal biasa. Oleh karena itu, metaverse bisa menjadi pasar komersial dengan jangkauan lebih jauh. Sebuah bisnis yang dapat membuat toko di metaverse dan menjual barang virtual unik kepada kolektor. Gucci telah bereksperimen di Roblox. Memang anggota Gen Z, kata wakil presiden untuk kemitraan merek di Roblox, terkadang melihat produk virtual lebih berharga daripada produk fisik. Keterlacakan barang virtual membuat pemalsuan menjadi sulit juga, tidak seperti barang desainer dunia nyata.
Masa Depan Yang Imersif
Sudah saatnya kita tidak lagi menggunakan aplikasi secara terpisah untuk memuat sebuah kampanye baru, situs mikro sementara hanya untuk menampilkan produk edisi terbatas, dan acara online untuk zona waktu yang berbeda. Melalui virtual brand dunia, semuanya dapat hidup bersama di satu lokasi yang mudah diakses oleh pemirsa di seluruh dunia untuk di manfaatkan dan dinikmati sepanjang waktu.
Belum adanya faktor yang mempertimbangkan implikasi keamanan dan privasi saat berbicara tentang metaverse secara umum, hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk menerapkan kebijakan seputar regulasi, privasi, batasan kedaulatan, dan banyak lagi yang perlu dipertimbangkan untuk menyempurnakan konsep Metaverse. Jadi bagi sebagian pengamat metaverse menyikapi apa yang menjadi visi Mark Zuckerberg terkait metaverse perlu dilakukan secara berhati-hati.
Berinteraksi kedalam Metaverse berarti kita melepaskan kendali ke Meta dan teknologinya. Tentunya ini akan membatasi kendali kita dan membawa tantangan tersendiri seputar privasi dan kendali atas informasi pelanggan. Facebook dikenal memiliki rekam jejak yang bagus dalam hal ini, jadi ketika kita membawa bisnis ke dunia metaverse maka kite perlu melangkah dengan hati-hati di sana. Hal ini tentu saja merupakan hari-hari awal bagi metaverse saat bergerak ke tahap perkembangan selanjutnya.
Untuk bisnis, seperti halnya semua teknologi baru, apakah metaverse dalam inkarnasinya saat ini memiliki nilai akan memerlukan penilaian terperinci tentang apa yang sebenarnya mungkin terjadi dalam ruang virtual ini, dan bagaimana hal ini selaras dengan rencana pengembangan mereka dan titik kontak pelanggan yang sudah digunakan. Dengan organisasi yang mendesentralisasikan tenaga kerja mereka sehubungan dengan pandemi, serta infrastruktur TI mereka, metaverse dapat bermanifestasi sebagai evolusi alami dari kolaborasi tempat kerja bagi banyak orang, serta sarana untuk terhubung lebih baik dengan pelanggan.
0 Comments